Selasa

Maafkan ummi, Neuk



Adalah suatu kebahagiaan ketika pertama kali mengetahui bahwa di dalam rahim ummi, telah ada sebuah janin. Sebulan setelah menikah dengan yabi, tiba-tiba ummi mulai sering mual, gak bisa nyium makanan atau apapun yang berbau tajam, bawaannya lemes. Segera yabi membeli tespack di apotik, besok paginya ummi pun segera tes, hasilnya seperti dugaan, dua garis bertengger di alat tersebut. Bahagia pasti. Cemas juga iya. Ummi akan segera jadi ibu. Status Single yang baru sebulan berubah menjadi istri, tak lama lagi InsyaAllah juga akan bertambah menjadi seorang Ibu. Akankah ummi mampu menjadi ummi yang baik bagimu dan adik-adikmu kelak? Walaupun seabreg buku parenting juga sudah ummi lahap jauh sebelum Ummi dan yabi ditaarufkan hingga saat kamu tersemai dirahim ummi. Tapi, kecemasan itu tetap berkecamuk di dada ummi. Karena yang ummi tahu, teori dengan praktek tak akan 100% sama. Bismillah, hanya tawakkal dan berdoa kepada Allah setelah ikhtiar bekal ilmu sudah ummi persiapkan. Hingga 8 bulan kemudian kamu hadir dalam kehidupan ummi setelah melewati hari yang panjang dan melelahkan ketika proses persalinan. Sakit...sakit sekali rasanya. Badan ummi gemetaran dan menggigil hebat sore itu. Tekanan darah ummi yang biasanya normal di angka 100-110/70 tiba-tiba naik drastis menembus 190. Bukaan tak kunjung maju bertahan di bukaan 4. Ahh..tak mampu ummi gambarkan rasa sakitnya, kesakitan yang belum pernah ummi rasakan selama 22 tahun ummi lahir ke dunia. Hingga akhirnya pukul 22.00, tangisanmu memecahkan kesunyian malam itu. Semua sakit seakan sirna, tersihir dan terpesona dengan hadirmu. Ummi akhirnya menjadi seorang ibu. Doa panjangpun segera berhamburan dari lisan ummi memohon kepada zat yang menggenggam jiwa agar kebaikan selalu tercurah atasmu wahai permata hati ummi.

Mulai hari itu, sah sudah status ibu tersandang di pundak ummi. Hal pertama yang ummi dan yabi lakukan setelah yabi mengazanimu, adalah menyematkan nama untukmu. Nama indah yang mengandung makna kebaikan. FAWWAZ ZAID AKRAM. Iya, kami sematkan nama salah satu sahabat mulia dalam penggalan namamu sebagai doa agar keimanan, ketaqwaan dan akhlakmu seperti akhlak sahabat mulia itu. Mengikuti rasul mulia Muhammad SAW.

Hari demi haripun ummi dan yabi lalui neuk, mendidik dan membersamai tumbuh kembangmu.  Bahkan ummi rela resign dari kerjaan ummi agar sepanjang waktu ummi bisa bersamamu dan mempunyai kesempatan melihat satu persatu perubahan demi perubahan yang kamu capai.

Tak lama lagi usiamu akan genap 5 tahun sayang. Iya, 16 Desember nanti usiamu genap 5 tahun.
Sangat banyak kesalahan ummi dan yabi terhadapmu neuk. Kamu yang menjadi tempat pertama kali ummi dan yabi uji coba semua teori parenting yang ummi dan yabi dapatkan. Kamu lahir ketika ummi dan yabi masih sama-sama baru saling mengenal dan menyesuaikan karakter dan kepribadian masing-masing. Kamu lahir ketika perekonomian keluarga kita masih terombang ambing. Bahkan tak lama berselang adikmu pun lahir, sehingga perhatian ummi dan yabi juga harus terbagi. Ketika usiamu baru menginjak 2 tahun, ummi dan yabi sudah membebaniku dengan tanggung jawab sebagai seorang kakak.

Tapi, percayalah sayang, bahwa walaupun  perhatian ummi dan yabi terbagi, tapi kasih sayang ummi dan yabi tak berkurang sedikit pun. Kasih sayang ummi dan yabi tetap 100% tercurah kepada masing-masing kalian. Ummi dan yabi tak pernah sedikitpun membanding-bandingkan kalian.

Ummi bangga padamu neuk. Kamu anak yang sangat mandiri. Bahkan sangat senang membantu  ummi tanpa ummi suruh. Menjadi asisten ummi ketika adik-adik lahir. Dan itu sangat berharga dengan kondisi kita yang merantau jauh dari keluarga serta tak punya ART.

Terimakasih sayang, terima kasih sulungku,terimakasih sudah memilih ummi menjadi ibumu. Maafkan atas semua kesalahan ummi dalam mendidik dan membesarkanmu. Bantu ummi dan yabi ya neuk, agar menjadi orangtua yang semakin baik. Mari kita belajar dan bertumbuh bersama. Full love for U ya Aulady.

Jazakillah Khair juga kepada mbak Juli yang menang arisan Rulis kali ini dan mengangkat tema "Ungkapan hati untuk buah hati" sehingga tulisan ini bisa hadir dan menjadi pengingat saya kembali agar banyak-banyak minta maaf kepada si Sulung.

5 komentar:

  1. Masyaallah semangat selalu membersamai anak2 y mbk.

    BalasHapus
  2. Everything for children Umm...

    BalasHapus
  3. Smangatnya berasa mba, semoga berkah dan bahagia selalu bersama anak2 😘

    BalasHapus
  4. Aku tersentak mba baca akhir paragraf 5yg sdh membemani tugas sebagai kakak terlalu cepat. Akhh iya harus sering2 minta maaf jg.
    Btw Barakallah mas fawwas sdh 5tahun 😍

    BalasHapus

J8 : Temukan Buddy-mu

Bismillahirrahmanirrahim Alhamdulilah memasuki pekan terakhir di kelas Ulat-Ulat. Banyak pengalaman dan ilmu baru selama hampir 2 bulan be...